Recents in Beach

Sebelum Pakai, Yuk Ketahui Fitur Unggulan Laravel


Laravel adalah Open Source WEB Aplication Framework  salah satu framework PHP konsep MVC (Model View Controller) yang paling diminati sekarang ini, yang dibuat oleh Taylor Otwell & Community.

Sebelum memutuskan untuk memulai dengan Laravel, berikut beberapa alasan mengapa digunakan untuk web development.

1. RESTful Routing

Memudahkan kita dalam mengatur request,  intinya kita berbicara dengan website dengan method-method standar REST seperti GET, POST, PUT, PATCH, DELETE, STORE, dll

Laravel sendiri adalah framework yang cukup unik, jika biasanya kita hanya perlu membuat controller dan berisi method tertentu misal “UserController dengan method showUser” lalu kita bisa mengakses www.situskita.com/user, di laravel kita harus melakukan sesuatu yang berbeda untuk dapat mengakses url tersebut yaitu menambahakan

2. Eloquent ORM

ORM memiliki kepanjangan Object Relational Mapping, dengan ORM kita bisa melakukan operasi CRUD ke database tanpa harus menulis SQL Command. ORM inilah yang bertugas untuk menulis SQL Command untuk kita. Laravel menggunakan ORM yang bernama Eloquent. 

Dengan Eloquent ORM memudahkan kita untuk mengganti Database, tidak perlu khawatir mau dari manapun database kamu misalnya MySQL ke Orecle, Eloquent ORM otomatis akan membuat SQL Command menyesuaikan database yang kamu pakai.

Tentunya tidak hanya itu saja, juga membantu dalam mengatur relasi antar tabel dan jika kamu masih belum terbiasa dengan SQL Command ini bakalan berguna sekali, karena kita tidak perlu repot-repot mengingatnya perintah-nya lagi

3. Kode yang indah

Perlu diketahui sebenarnya sintaks yang digunakan laravel itu beda banget dengan sintaks PHP native. di laravel kita tidak akan bertemu dengan API dan library yang rumit, kita cukup meload class yang kita butuhkan.

4. Built in Json

Pada Laravel sangat mudah untuk menghasilkan output berupa JSON yang bisa digunakan oleh frontend javascript kita, kamu bisa mengembangkan aplikasi dengan view Blade ataupun menggunakan Front-End Javascript seperti ReactJS, VueJS.

Dan tentunya masih banyak lagi fitur unggalan dari Laravel, yang tidak saya sebutkan satu-satu : )

Jadi kesimpulannya Laravel itu framework yang mengutamakan developer experience. Hal ini sangat cocok untuk Kamu yang menginginkan keindahan kode, kecepatan dan keluwesan dalam pembuatan aplikasi yang aman dan modern.

Posting Komentar

0 Komentar